Monday, November 28, 2016

ULASAN2 - Introduction to Backup Systems



Pada ULASAN2 ini saya akan mengulas video mengenai sistem operasi yang berjudul "Introduction to Backup Systems". Video ini merupakan video yang berasal dari akun "Eli the Computer Guy" berdurasi 48 menit 7 detik. Akun "Eli the Computer Guy" dimiliki oleh seseorang pria bernama Eli Etherton yang berasal dari Amerika Serikat. Video "Introduction to Backup Systems" dapat ditonton pada link ini: https://www.youtube.com/watch?v=_gCwCOhMcog.

Jika hard drive rusak secara fisik, maka semua data akan hilang. Hard drive memiliki port yang dapat berpindah didalamnya, jika sesuatu terjadi di dalamnya seperti platernya berhenti berputar atau motornya berhenti, maka semua data akan hilang. Tetapi jika komputer terserang virus, data dapat dibackup secara mudah. Pada video ini akan dijelaskan mengenai tipe-tipe backup data, format backup data, media untuk backup data dan sebagainya.

Terdapat empat tipe-tipe backup, yaitu full backup, differential backup, incremental backup, dan RSync backup. Backup juga bisa berupa gabungan dari empat tipe-tipe backup tersebut yaitu combined backup. Full backup merupakan backup yang menyimpan semua data, semua file, semua dokumen, semua isi di hard drive dan sebagainya. Full backup sangat berguna, tetapi menghabiskan banyak memori dan waktu untuk membackup. Differential backup membackup apa saja yang belum dibackup sebelumnya. Software untuk differential backup akan mendeteksi file apa saja yang sudah dibackup dan belum dibackup kemudian memilah file yang belum dibackup untuk dibackup. Differential backup menghabiskan waktu yang lebih sedikit dibandingkan full backup. Incremental backup merupakan backup yang dilakukan dengan cara membackup semua file kemudian pertama incremental backup dilakukan kemudian incremental backup hanya membackup data yang berubah dari semenjak terakhir incremental backup dilakukan. Incremental backup menghabiskan waktu yang lebih sedikit dibandingkan differential backup. Jika salah satu file pada incremental data rusak, maka semua data tidak dapat dikembalikan. RSync backup merupakan backup yang hanya menyimpat bit dan byte yang berubah pada file semenjak backup terakhir kali.

Terdapat tiga format backup data yaitu proprietary, file copy, dan virtual hard drive. Pada format backup proprietary, software menarik semua data untuk dibackup kemudia dibackup di sebuah media penyimpanan seperti hard drive, CD, atau sebagainya. Pada format file copy, backup hanya dilakukan dengan cara menyambungkan media penyimpanan file seperti hard drive dan sebagainya ke komputer dan mengkopinya secara simple. Virtual hard drive merupakan format innovasi terbaik dari format lainnya. Virtual hard drive membackup semua data ke hard drive. Jika komputer rusak, maka hanya perlu menghubungkan hard drive ke komputer lain untuk membackup dengan menggunakan software untuk virtual hard drive backup. Pada saat membackup sebaiknya menggunakan CD dan DVD yang tidak lebih dari 5 tahun dan juga tidak menggunakan tape (magnetic tape), karena tape hanya dapat dipakai dalam 1 tahun dan dapat rusak dengan mudah. CD dan DVD bukan merupakan media backup yang terbaik, karena CD dan DVD hanya dapat dipakai dalam 5 tahun. Media backup yang terbaik adalah hard drive, karena hard drive tidak cepat rusak seperti CD dan DVD.

Ada banyak software yang digunakan untuk membackup seperti ACRONIS dan masih banyak lagi. Microsoft juga punya software backup dari Windowsnya, tetapi tidak bagus dibandingkan software backup yang lain. Online backup dapat dilakukan pada mozy.com.


Pada video ini dibahas mengenai tipe-tipe backup, format backup, dan media penyimpanan untuk backup. Ada 4 tipe-tipe backup yaitu full backup, differential backup, incremental backup, dan RSync backup. Tetapi sekarang banyak orang yang menggunakan combined backup dari 4 tipe-tipe backup tersebut. Terdapat tiga format backup yaitu proprietary, file copy, dan virtual hard drive. Media penyimpanan backup terbaik adalah hard drive. CD, DVD, dan tape bukan merupakan media penyimpanan backup yang baik karena CD dan DVD hanya dapat digunakan selama 5 tahun sedangkan tape hanya dapat digaunakan selama 1 tahun.

ULASAN2 ini dibuat oleh Anissa Edwita pemilik GITHUB Account “1606858560”. ULASAN2 ini merupakan review dari video https://www.youtube.com/watch?v=k6dosJ9phWY yang berdurasi 44 menit 8 detik. ULASAN2 ini dapat diakses melalui link blog http://anissaedwita.blogspot.co.id/2016/11/ulasan2.html. Submisi Revisi Pertama pada tanggal 5 Desember 2016. Submisi Revisi Kedua pada tanggal 5 Desember 2016.

No comments:

Post a Comment