Monday, November 28, 2016

ULASAN1 - Introduction to Linux




Pada ULASAN1 ini saya akan mengulas video mengenai sistem operasi yang berjudul "Introduction to Linux". Video ini merupakan video yang berasal dari akun "Eli the Computer Guy" berdurasi 48 menit 7 detik. Akun "Eli the Computer Guy" dimiliki oleh seseorang pria bernama Eli Etherton yang berasal dari Amerika Serikat. Video "Introduction to Linux" dapat ditonton pada link ini: https://www.youtube.com/watch?v=_gCwCOhMcog&t=455s.

Pada video ini akan dijelaskan konsep mengenai Linux. Linux mempunyai keuntungan yang banyak bagi penggunanya. Linux adalah sebuah sistem operasi. Sistem operasi adalah software layer yang terdapat diantara hardware dan software aplikasi. Sistem operasi menghubungkan pengguna komputer untuk menjalankan software aplikasi atau juga untuk menjalankan printer dan sebagainya. Software aplikasi dapat berupa Microsoft Office, Adobe dan sebagainya. Linux merupakan operasi sistem yang berada diantara hardware dan software. Linux biasanya menjalankan server seperti database server, visualization server dan sebagainya. Linux dibuat pada tahun 1991-1994 oleh Linus Torvalds. Linux dan Unix merupakan sistem operasi yang berbeda. Linus Torvalds membuat Linux karena Linus ingin membuat sistem operasi yang berbasis open source yang dapat digunakan orang-orang secara bebas. Linus juga ingin membuat program-program yang lebih menarik, agar lebih mudah maka Linus membutuhkan sistem operasi yang berbasis open source. Linux merupakan sistem operasi berbeda dari MacOS dan Windows. Linux digunakan di berbagai negara seperti Brazil dan sebagainya. Koding Linux disebarluaskan untuk semua orang termasuk programmer-programmer yang ingin mengolah koding Linux kembali. Ada banyak tipe Linux, seperti Red Hat Linux, Ubuntu Linux dan sebagainya. 

Open source software bukanlah free software. Open source merupakan program yang kodenya disebarluaskan dan dapat dilihat bagaimana program tersebut dibuat oleh programmer lain. Untuk kegiatan komersial, kode software open source harus dibeli untuk melihat kodenya. 

Shell merupakan media untuk berinteraksi dengan sistem operasi, pada Windows disebut GUI (Graphical User Interface). Pada Linux, Shell terlihat seperti DOS Prompt. DOS Prompt pada Linux digunakan untuk memanggil aplikasi yang akan digunakan. Root user merupakan user yang mempunyai level paling tinggi untuk menggunakan sistem operasinya. Pada Linux, direktori Home merupakan root yang mempunyai level tertinggi untuk mengakses semua yang ada pada sistem operasi. Linux merupakan sistem operasi yang case sensitive karena Linux merupakan sistem operasi untuk pengguna komputer profesional, sedangkan Windows tidak case sensitive. Pada Linux, walaupun nama foldernya sama tetapi lowercase dan uppercasenya berbeda dapat dibuat sebuah folder, seperti contoh “HOME” dan “home” dapat dibuat 2 folder yang berbeda, sedangkan pada Windows tidak dapat dibuat 2 folder yang berbeda.

Terdapat 2 versi Linux, yaitu Server version dan Desktop version. Pada Server version tidak ada GUI yang anda dapat hanya DOS Prompt saja, program-program harus diinstall sendiri karena program harus jika anda ingin menginstall program tersebut anda harus tahu bagaimana cara menginstall toolsnya dan memakainya. Pada Desktop version terdapat GUI, terdapat folder-folder, bisa diklik kiri dan klik kanan dan sebagainya. Keunggulan Linux terletak pada servernya, karena server Linux dapat bekerja terus tiada henti kecuali sedang maintenance.

Pada video ini dibahas mengenai pembuatan Linux yang dibuat pada tahun 1991-1994 oleh Linus Torvalds. Linux merupakan sistem operasi yang berbeda dari Unix. Banyak orang yang mengira bahwa Linux merupakan sistem operasi yang sama dengan Unix karena kode yang digunakan pada Unix dapat bekerja pada Linux dan sebaliknya. Open source software merupakan software yang dapat dilihat kode pembuatannya. Open source bukanlah free software. Shell merupakan interface antara user dengan aplikasi. Shell merupakan interface seperti GUI. Root user merupakan user dengan level tertinggi pada Linux, jadi Root user dapat mengakses apa saja yang terdapat pada sistem operasi Linux. Linux merupakan sistem operasi yang case sensitive. Pada Linux lowercase dan uppercase merupakan case yang berbeda, seperti contoh ketika membuat folder harus memperhatikan lowercase dan uppercasenya, tetapi pada Windows lowercase dan uppercase tidak diperhatikan atau Windows merupakan sistem operasi yang tidak case sensitive. Pada Linux terhadap 2 versi, yaitu Server version dan Desktop version, dimana Sever version tidak terdapat GUI tetapi pada Desktop version terdapat GUI. Linux mempuyai keunggulan pada servernya karena server Linux dapat terus bekerja tanpa reboot selama bertahun-tahun. 

ULASAN1 ini dibuat oleh Anissa Edwita pemilik GITHUB Account “1606858560”. ULASAN1 ini merupakan review dari video https://www.youtube.com/watch?v=_gCwCOhMcog&t=455s yang berdurasi 48 menit 7 detik. ULASAN 1 ini dapat diakses melalui link blog http://anissaedwita.blogspot.co.id/2016/11/ulasan1.html. Submisi Revisi Pertama pada tanggal 4 Desember 2016. Submisi Revisi Kedua pada tanggal 5 Desember 2016.


No comments:

Post a Comment